Sabtu, 27 November 2010

Take nothing but picture

Persiapan Sebelum Melakukan Petualangan

Kegiatan petualangan di alam terbuka banyak dicari orang karena dianggap mampu memberi keseimbangan hidup, karena hidup dialam terbuka lebih nyaman, jauh dari keramaian dan bisa memanfaatkan apa yang ada disekitar kita sebagai bahan yang dapat digunakan dengan seadanya. disini (alam terbuka) kita dapat belajar hidup mandiri, bisa menjaga seluruh kebutuhan hidup dengan sebaik-baiknya, bisa memberikan kepuasan tersendiri (bagi yang hobi), bisa belajar dan memahami menjadi seseorang yang tidak serba gampang dan ada juga yang bilang kalau sudah menjiwai pola hidup di alam terbuka kita bisa menjadi manusia serba mensyukuri segala kenikmatan yang telah diberikan maha kuasa. bayangkan seandainya kamu bisa menjadi orang seperti itu pasti hidup itu lebih menyenangkan dan tidak pernah takut menjadi orang susah (udah latihan susah, ngapain takut susah b'neran. ya ngga'!!!). bagi yang belum mencoba sebaiknya jangan mencoba sendiri, karena alam itu lebih kejam dari kelihatannya. cobalah cari pemandu (guide) yang memahami seluk beluk alam terbuka yang ingin kamu jelajahi, contohnya: seandainya kamu mau mendaki gunung, carilah data gunung tersebut selengkap-lengkapnya & jangan lupa cari juga data tentang penduduk disekitar gunung supaya nanti kamu tidak merasa asing dengan masyarakat disekitar gunung tersebut. mau lebih lengkapnya sebaiknya kamu mengikuti pelatihan-pelatihan yang berhubungan dengan alam terbuka, biasanya didalam pelatihan kamu akan diberikan materi selengkap-lengkapnya sebelum melaksanakan kegiatan lapangan. pada saat kamu dibawa kelapangan kamu sudah siap amunisi, baik dari fisik mental, pemahaman, sampai ke perlog (perlengkapan &logistik). kalau mau menyewa jasa guide kamu juga minimal harus memahami hal-hal berikut :

PETUALANGAN, RESIKO DAN KESELAMATAN

Petualangan adalah sebuah pengalaman yang hasilnya terkadang tidak pasti. Ketidakpastian ini timbul karena informasi penting yang diperlukan untuk mengatasi ketidakpastian tersebut mungkin hilang, tidak jelas, atau tidak diketahui.

contohnya :

* lingkungan baru yang belum dikenal dengan baik
* resiko yang tidak dapat diprediksikan
* keraguan tentang kemampuan diri

Resiko adalah kemungkinan hilangnya sesuatu yang berharga. Kehilangn tersebut dapat berupa cedera fisik, mental ataupun finansial. Diperlukan suatu pengambilan keputusan untuk menghindari, mengambil, memilih resiko secara rasional. Hal-hal tersebut dimaksudkan untuk keselamatan subyek pelaku kegiatan alam bebas. Inti dari keselamatan adalah penggabungan prosedur yang digunakan agar resiko yang diterima berada dalam batas yang wajar.

TINDAKAN YANG HARUS KITA LAKUKAN

ini merupakan hal yang sangat penting, banyak para petual gagal karena kurang memahami hal dibawah ini dan akibatnya sangat fatal, kalau kamu merasa mempunyai salah satu kekurangan dari hal dibawah ini sebaiknya kamu pelajari dulu bagaimana cara menghilangkannya, karena watak asli kita akan kelihatan ketika kita merasa kecapekan atau sedang dalam masalah.
  • 1. Do'a: berdo'alah kepada yang maha kuasa sebelum melakukan petualanga.
  • 2. kerjasama: kerjasama sangat perlu apalagi dalam sebuah team yang kecil.
  • 3. komunikasi: komunikasi jangan sampai ter meskipun kamu sudah ketinggalan jauh dibelakang, kalau tidak punya HT cobalah untuk menjeritkan suara kita (whu,.,.,.) maksimal 5 menit sekali untuk menandakan keberadaan kita. cobalah buat bahasa isysarat sendiri untuk komunikasi jarak jauh. hal ini ditakutkan ketika terjadi sesuatu kita cepat mengetahui keadaan teman kita
  • 4. kepercayaan: saling mempercai sangat penting karena kita tidak boleh berburuk sangka kepada teman kita, dan juga kita tidak boleh berbohong.
  • 5.pengambilan keputusan: Bertindaklah sebagai seorang yang bijak, pengambilah sebuah keputusan harus mempunyai argumen yang kuat dan dapat dipercaya. ini sangat dibutuhkan ketika sedang dalam kesulitan.
  • 6. pertimbangan: pertimbangkan secara keseluruhan, baik keadaan kita maupun cuaca untuk memungkinkan sebuah petualangan.
  • 7. kesabaran: milikilah kesabaran yang kuat dalam melakukan tindakan apapun dan jangan ceroboh.
  • 8. tidak mudah putus asa: jangan mudah menyerah kalau lagi mengalami kesulitan, pikirkanlah selalu ada jalan keluar untuk kita.
  • 9. ceck perlengkapan: ceck lah perlengkpan sebelum melakukan petualangan (maksudnya kalo udah mau jalan) dan tinggalkan perlengkapan yang tidak dibutuhkan sama sekali.
  • 10. manejment:: atur lah segala sesuatunya secukupya kecuali logistik, karena ini urusan vital sediakan logistik yang lebih dari 2 hari dari perjalanan kita.


ALAM TEMPAT MELAKUKAN KEGIATAN

Kegiatan di alam bebas beragam bentuknya tergantung dari bentuk alam yang kita hadapi. Gambaran alam beserta bentuk kegiatannya :

1. Hutan dan gunung : Penjelajahan dan pendakian
2. Rawa dan pantai : susur pantai
3. Laut : surfing, diving, dll
4. Gua : caving
5. Udara : gantole, paragleding, dll
6. Tebing : rock climbing
7. Sungai : Rafting


http://www.olecamp.co.cc/2010/03/persiapan-sebelum-melakukan-petualangan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar